728x90 AdSpace

Latest News

Pengobatan

Penyakit

18 June 2014

Demi Moore Juga Lakukan Berbekam

Pengobatan bekam semakin meramaikan dunia kesehatan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat, metode bekam sudah dilakukan oleh beberapa tokoh ternama di Hollywood.

Di antaranya aktris Demi Moore, Gwyneth Paltrow, dan Britney Spears yang juga pernah dibekam oleh Dr Petra Zizenbacher dari Vienna, Austria. Yakni seorang ahli pengobatan herbal yang menerapkan metode bekam (cupping) dan lintah (leech therapy).

Pengobatan ini menawarkan penyembuhan berbagai macam penyakit dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan pengobatan medis. Pengobatan alternatif ini berasal dari Timur Tengah. Kata bekam sendiri merupakan terjemahan dari kata hijamah dalam Bahasa Arab yang merupakan asal kata dari al hajmu yang artinya berbekam.

Pemaknaan al hijamah atau bekam diartikan sebagai peristiwa penghisapan darah dengan alat menyerupai tabung, mengeluarkan darah dari permukaan kulit dengan penggoresan. Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif dalam cawan atau kop.

Sehingga terjadi cairan tubuh berlebih (sel darah merah mati) yang dibaluti toksin dihilangkan. Darah segar menjadi bersih dan jaringan otot yang mengalami stagnasi kembali normal. Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah diaplikasikan sejak ribuan tahun lalu.

Bekam dibedakan melalui dua jenis, yakni bekam kering dan basah. Bekam kering, proses bekam jenis ini dilakukan dengan menghisap permukaan kulit dan memijat tempat di sekitarnya tanpa mengeluarkan darah. Bekam kering diyakini untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena penyakit penyebab nyeri punggung.

Sedangkan bekam basah, proses terapinya dilakukan setelah dilakukan bekam kering. Lalu dilanjutkan dengan menggores permukaan kulit dengan pisau bedah (steril) dan dihisap dengan alat kop (cupping set) untuk menyedot sel darah merah yang rusak.

Darah yang keluar merupakan sel darah merah yang sudah rusak akibat terpapar zat kimiawi. Masyarakat awam menyebutnya sebagai darah kotor. Lamanya penghisapan 3-4 menit. Jika darah kotor sudah habis, indikasinya tidak keluar lagi pada permukaan yang digores tadi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Demi Moore Juga Lakukan Berbekam Description: Rating: 5 Reviewed By: Oxidant Releasing Therapy Bengkel Manusia Indonesia
Scroll to Top